Lembar Kerja Praktikum Fisika SMA (Konduksi dan Konveksi)

Perpindahan Kalor secara Konduksi
A. Tujuan
Mengetahui kemampuan menghantarkan kalor dari berbagai bahan.

B. Alat dan Bahan
1.   Lilin
2.   Korek api
3.   Mistar
4.   Stopwatch
5.   Mentega
6.   Kawat aluminium, kawat tembaga, kawat besi, dan kawat baja masing-masing 3 buah dengan diameter dan panjang yang berbeda.


C. Skema Alat 
A. Prosedur Kerja
1.  Ukurlah diameter kawat yang Anda siapkan menggunakan mikrometer sekrup. Lalu hitung luas penampang kawat tersebut (A).
2. Buatlah bulatan-bulatan kecil dari mentega, lalu tusukkan salah satu ujung kawat.
3.   Ukurlah panjang kawat kawat dari ujung satu ke bagian yang ada menteganya, kemudian panaskan ujung kawat satunya pada nyala lilin sambil menghidupkan stopwatch.
4.   Matikan stopwatch ketika mentega mulai mencair.
5. Perhatikan kecepatan kelajuan hantaran kalor (Q/t) dari ujung kawat dipanaskan sampai mentega pada ujung lainnya mencair.
6.   Ulangi percobaan ini menggunakan nyala lilin yang lebih kecil.
7.   Ulangi langkah nomor 3 sampai 5 menggunakan kawat yang berbeda.

E. Diskusi dan Tugas
1.     Apakah luas penampang kawat mempengaruhi kelajuan hantaran kalor?
2. Bagaimanakah hubungan antara kelajuan hantaran kalor dengan luas penampang?
3.     Apakah jenis kawat mempengaruhi kelajuan hantaran kalor?
4.     Apakah panjang kawat memengaruhi kelajuan hantaran kalor?
5.     Bagaimanakah hubungan antar kelajuan hantaran kalor dengan panjang kawat?
6.  Manakah yang selisih suhunya ( ) lebih besar antara kedua ujung kawat, dengan menggunakan nyala lilin besar atau kecil?
7.    Manakah yang lebih cepat mencairkan mentega, dengan nyala lilin yang lebih kecil atau lebih besar?
8.  Bagaimanakah hubungan antara laju kalor dengan perbedaan suhu antara ujung kawat?
9.     Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan tersebut.

Perpindahan Kalor secara Konveksi
A. Tujuan
Megetahui dan memahami peristiwa konveksi.

B. Alat dan Bahan
1.   Alat konveksi zat cair
2.   Pembakar spiritus
3.   Statif
4.   Zat warna hitam permanganat (KmnO4)
5.   Air

C. Skema Alat
A. Prosedur Kerja
1.   Susunlah alat konveksi zat cair seperti gambar.
2.   Isilah alat konveksi zat cair dengan air hingga penuh.
3.   Panaskan alat konveksi zat cair di tepi kanan bawah dengan pembakar spiritus.
4.   Masukkan zat warna (KmnO4) melalui lubang atas.
5.   Perhatikan aliran zat warna dalam air.

B. Diskusi dan Tugas
1. Bagaimanakah pergerakkan zat warna?
2. Apakah peristiwa aliran zat warna ini ada hubungannya dengan massa jenis?
3. Kesimpulan apa yang Anda peroleh dari kegiatan ini?
4. Buatlah laporan dari hasil kegiatan yang telah Anda lakukan. 

0 comments:

Post a Comment